Tuesday, March 8, 2011

Begini Cara Diet yang Sempurna

img




Begitu banyak cara diet baru yang disebut-sebut sebagai rahasia yang dapat menurunkan berat badan dengan cepat dan sehat. Tapi sebenarnya diet yang sempurna adalah diet seimbang.

Pola makan yang menyediakan jumlah dan jenis kalori (energi) yang tepat untuk memelihara semua sistem tubuh dianggap diet seimbang.

Ada tiga aturan dasar untuk diet yang sempurna, seperti dilansir Foxnews, Selasa (8/3/2011), yaitu:

1. Jangan melewatkan sarapan
Sarapan benar-benar waktu makan yang paling penting untuk mempersiapkan energi dan semangat sepanjang hari.

2. Makan setidaknya tiga kali sehari
Makan yang sehat adalah 3 kali sehari, karena sesuatu yang kurang akan menurunkan sistem metabolisme tubuh.

3. Perhitungkan jumlah kalori yang dimakan
Saat makan, pastikan bahwa jumlah dan kualitas yang Anda masukkan ke dalam tubuh cukup sesuai aktivitas dan jangan berlebihan.

Selain itu, diet sempurna terdiri dari jenis makanan yang membentuk piramida makanan. Piramida memiliki enam kelompok makanan, masing-masing memberikan satu atau lebih dari tiga nutrisi yang dibutuhkan untuk kelangsungan hidup dan membangun diet yang sempurna, yaitu:

1. Karbohidrat
Karbohidrat adalah sumber utama energi bagi tubuh. Dua bentuk utama karbohidrat adalah karbohidrat sederhana (gula) dan kompleks (pati). Serat juga berada di bawah payung karbohidrat.

Ada 4 kalori per setiap gram karbohidrat. Karbohidrat dapat ditemukan secara keseluruhan pada biji-bijian, buah dan sayuran, produk susu, serta kacang-kacangan.

Dalam diet seimbang, sekitar 60 persen dari kalori harus berasal dari karbohidrat. Rata-rata orang usia 19 hingga 30 tahun membutuhkan 1.200 kalori per hari. Pria aktif dapat menambah sekitar 300 kalori karbohidrat untuk konsumsi harian.

2. Lemak
Lemak sangat penting untuk kelangsungan hidup. Lemak berfungsi membentuk dinding sel dan diperlukan untuk mengangkut dan menyerap vitamin yang larut dalam lemak A, D, E, dan K.

Dalam diet seimbang, 15 hingga 20 persen dari kalori harian harus berasal dari lemak. Ada 9 kalori per gram lemak, yaitu dua kali kalori dari 1 gram karbohidrat, itulah mengapa terlalu banyak lemak dan tidak cukup olahraga dapat membuat berat badan naik.

Sumber utama lemak pada diet seimbang harus lemak tak jenuh, seperti salmon, steak tuna, nila atau mahimahi adalah sumber yang baik untuk lemak tak jenuh.

Lemak jenuh ditemukan dalam daging, telur, susu, keju, mentega, margarin, minyak kelapa dan minyak sawit.

3. Protein
Protein penting untuk diet yang sempurna karena berfungsi membangun dan perbaikan jaringan. Kulit, rambut, kuku dan otot terdiri dari protein.

Untuk pria aktif, yang setiap hari asupan kalorinya 3.000 sampai 3.500 kalori, asupan protein pada diet seimbang tetap harus 15 hingga 20 persen (atau 640 kalori).

Jus dengan susu, pisang, strawberry, mangga, yogurt dan selai kacang merupakan sumber protein yang baik. Produk susu yang diklaim dapat memperbesar otot biasanya memiliki kandungan protein yang tinggi, tapi perlu juga diperhatikan kandungan lemak pada label kemasannya.

Untuk mendapatkan berat badan yang seimbang, Anda perlu memenuhi kesemua komponen tersebut. Tidak mengonsumsi karbohidrat dan dan memperbanyak protein saja mungkin dapat membantu Anda untuk menurunkan berat badan, tetapi tidak dengan membangun diet yang seimbang.

No comments:

Artikel lainnya