Thursday, March 31, 2011

Cara Mudah Mencegah Sembelit

img
(Foto: thinkstock)
Jakarta, Sembelit alias susah air besar adalah kondisi yang tidak menyenangkan dan berbagai cara dilakukan orang agar bisa terbebas dari masalah ini. Sebenarnya mencegah sembelit lebih mudah ketimbang mengobatinya.

Sembelit adalah perubahan pola buang air besar yang tidak biasa yang berbeda pada setiap orang. Sembelit bisa berarti seseorang susah untuk buang air besar atau buang air besar kurang dari tiga kali dalam seminggu.

Ada berbagai macam penyebab dari sembelit yaitu kurang asupan serat, kurang minum yang membuat pergerakan usus lebih lambat, kurangnya olahraga, mengonsumsi obat tertentu, perubahan gaya hidup, mengabaikan rasa ingin buang air besar dan beberapa penyakit tertentu seperti irritable bowel syndrome serta penyakit lain yang berhubungan dengan organ pencernaan.

Sebelum mengalami sembelit, ada baiknya Anda melakukan cara pencegahan yang cukup mudah dilakukan, seperti dikutip Harvard Medical School Family Health Guide, Kamis (31/3/2011):

1. Makan cukup serat
Diet seimbang dengan memperbanyak makanan tinggi serat seperti kacang-kacangan, biji-bijian, gandum utuh, buah dan sayur segar dapat mencegah terjadinya sembelit.

2. Menggunakan obat pencahar
Pencahar jenis bulk-forming agent (obat pencahar yang memperbesar volume tinja sehingga perut merasa penuh) seperti psyllium, methylcellulose dan pectin yang bisa diperoleh tanpa resep dokter juga bisa mencegah terjadinya sembelit.

3. Minum cukup air
Setidaknya cukupi kebutuhan air putih 8 gelas setiap hari.

4. Olahraga
Olahraga teratur bisa mencegah terjadinya sembelit sekaligus menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Olahraga bisa mendukung fungsi kesehatan pencernaan dan bisa bermanfaat untuk kesehatan seluruh tubuh. Berjalan setidaknya 20 sampai 30 menit tiap hari sudah bisa membantu sistem pencernaan Anda.

5. Melatih waktu buang air besar
Tetapkan waktu dan latihlah sistem pencernaan Anda untuk dapat buang air besar di jam-jam tertentu misalnya pagi hari atau setelah makan. Mulailah dengan duduk di toilet selama 10 menit dan tunggu renpons tubuh, tapi jangan memaksan atau ngeden untuk buang air besar.

6. Jangan tunda ke toilet bila ingin buang air besar
Usus adalah organ tubuh yang sensitif dan penting dalam memberikan sinyal-sinyal. Saat seseorang menahan untuk buang air besar, sinyal yang diberikan oleh usus makin lama akan makin lemah dan akhirnya seseorang akan tidak memahami sinyal yang diberikan oleh usus.

7. Jangan mengedan saat buang air besar
Mengedan atau ngeden dapat menyebabkan masalah kesehatan yang lain seperti hemorrhoid atau ambeien dan masalah tekanan darah.

No comments:

Artikel lainnya