Sunday, April 10, 2011

Cara Alami Merangsang Persalinan

img
(Foto:thinkstock)
Jakarta, Jika kehamilan sudah mencapai usia 40 minggu dan belum ada tanda-tanda kontraksi maka ibu hamil akan diberikan induksi untuk merangsang persalinan. Tapi ternyata ada cara-cara alami yang bisa dilakukan untuk merangsang persalinan.

Persalinan umumnya tidak akan mulai terjadi ketika seseorang sedang tegang, khawatir atau berusaha keras untuk melahirkan. Karenanya beberapa ibu kadang harus menggunakan bantuan induksi untuk merangsang terjadinya kontraksi. Induksi ini tidak hanya sebatas obat-obatan, tapi juga bisa didapatkan secara alami atau natural.

Induksi alami sebaiknya dilakukan minimal setelah usia kehamilan mencapai 38 minggu. Beberapa hal bisa dilakukan untuk menginduksi persalinan secara alami, seperti dikutip dari Pregnancy.lovetoknow.com dan Babycenter, Sabtu (9/4/2011)yaitu:

Cobalah untuk rileks
Cobalah mandi dengan iar hangat, mendapatkan pijat dengan tujuan relaksasi yang membuat tubuh tenang. Jika rileks maka tubuh akan lebih siap untuk melakukan persalinan. Bisa juga dengan melakukan meditasi seperti menutup mata sambil menarik napas dalam-dlam melalui hidung dan keluarkan di mulut, serta membayangkan hal-hal yang menyenangkan, lembut dan damai mengenao persalinan.

Melakukan hubungan seks
Seks merupakan trik yang paling terkenal untuk memulai persalinan, karena cairan semen mengandung prostaglandin alami yaitu hormon yang terlibat dalam persalinan awal. Kegiatan sederhana lainnya juga bisa membantu seperti meminta pasangan untuk merangsang puting susu sehingga bisa mencapai orgasme. Kondisi ini bisa membantu membuka leher rahim sebesar 2 cm.

Berhubungan seks dan mencapai orgasme bisa mendorong pelepasan oksitosin. Tapi jangan lakukan secara terus menerus, jika sampai setengah jam atau lebih tidak ada perubahan sebaiknya dihentikan dan mungkin bisa mencobanya lagi di lain hari.

Cobalah untuk berjalan-jalan
Melakukan jalan-jalan dengan perlahan dan lembut bisa memulai terjadi kontraksi, menempatkan tekanan pada leher rahim yang dapat mendorongnya untuk membesar. Tapi pastikan tetap mengonsumsi cairan yang cukup, mempertahankan suhu tubuh dan mendengarkan sinyal dari tubuh. Jika tubuh sudah merasa lelah itu memberitahu untuk berhenti.

Berbicara dengan bayi yang dikandung
Studi terbaru menunjukkan berbicara dengan bayi yang dikandung dan memastikan bahwa ia akan merasa diterima dengan baik dan memberikan kesempatan membentuk ikatan dengan bayi yang secara alami bisa menginduksi persalinan.

No comments:

Artikel lainnya