Sunday, April 10, 2011

Efek dari Permainan Bola Berjalan yang Perlu Diwaspadai

img
(Foto:thinkstock)
Jakarta, Saat ini marak ditemukan permainan bola besar yang bisa dimasuki orang lalu berjalan di atas air atau dikenal dengan walking ball. Tapi ternyata permainan ini menyimpan beberapa risiko dan cedera.

Jenis kegiatan rekreasi ini telah menjadi sangat populer. Seseorang akan dimasukkan dalam bola besar transparan yang mengapung di atas air atau rumput, saat orang tersebut berjalan maju maka ia akan terlihat seperti hamster yang bermain di atas rodanya.

Arena rekreasi ini biasanya dilakukan di taman hiburan, acara karnaval atau di pusat perbelanjaan. Umumnya anak-anak sangat menyukai kegiatan ini dan bahkan beberapa diantaranya membeli untuk digunakan sendiri di rumah.

Tapi tanpa disadari satu-satunya cara agar orang tersebut bisa keluar adalah ketika seseorang di luar membukakan lubang pada bola tersebut. Consumer Product Safety Commission (CPSC) Amerika Serikat menuturkan risiko cedera atau kematian mungkin terjadi jika orang yang didalam bola merasa tertekan.

CPSC melaporkan bahwa seseorang yang sebelumnya sudah memiliki masalah kesehatan seperti gangguan pada pernapasan, jantung atau penyakit paru-paru bisa menunjukkan gejala yang memburuk saat bermain dengan bola berjalan tersebut, seperti dikutip dari Medicalnewstoday, sabtu (9/4/2011).

Sementara itu ada pula risiko-risiko lain yang berkaitan dengan permainan ini seperti:

  1. Sesak napas akibat bola yang kedap udara, kondisi ini karena kadar oksigen yang menurun sementara kadar CO2 (karbondioksida) meningkat. Dalam beberapa menit kualitas udara di dalam bola tersebut bisa menyebabkan bahaya yang serius.
  2. Tenggelam, jika bola yang berjalan di atas air ini mengalami kebocoran maka air akan masuk. Sementara orang yang berada di dalam bola tidak akan bisa keluar tanpa adanya bantuan dari luar.
  3. Cedera, bola ini umumnya tidak memiliki pelindung, jadi jika bola bertabrakan satu sama lain atau menyentuh benda keras maka bisa menimbulkan risiko cedera.

Beberapa negara saat ini sudah ada yang menolak memberikan izin untuk permainan ini, sementara beberapa negara lainnya memberikan peraturan yang ketat terkait dengan permainan ini. Meskipun terlihat sederhana dan menyenangkan, permainan ini bisa menimbulkan beberapa risiko bagi

No comments:

Artikel lainnya