Thursday, April 28, 2011

Jiroemon Kimura, Pria Tertua di Dunia

Setelah kematian pemegang rekor sebelumnya, Guiness World Records mengumumkan bahwa Jiroemon Kimura, pria asal Kyoto, Jepang, kini resmi memegang predikat sebagai pria tertua di dunia yang masih hidup. Saat ini usianya telah mencapai 114 tahun.

Kimura lahir pada 19 April 1897. Ia menggantikan gelar yang disandang oleh Walter Breuning, yang meninggal dunia akibat penyebab alami pada 14 April 2011 lalu.

“Dengan meninggalnya Walter, dunia hanya tinggal memiliki satu orang pria yang sudah hidup sejak abad 19,” kata Craig Glenday, Editor In Chief Guiness World Records, seperti dikutip dari Life Little Mysteries, 25 April 2011.

Glenday menyebutkan, sangat luar biasa jika mengingat masa hidup Kimura tersebar di 3 abad. “Saat ia lahir, Dracula belum dipublikasikan. Ratu Victoria masih belum meraih mahkotanya, dan masih 6 tahun sebelum Orville dan Wilbur Wright berhasil menerbangkan pesawat pertama di dunia. “Dunia banyak berubah semasa hidupnya,” ucap Glenday.


Meski menjadi pria terakhir yang diketahui lahir sebelum tahun 1900, Kimura hanyalah manusia tertua keenam di dunia. Lima manusia tertua yang masih hidup seluruhnya adalah wanita. Di Jepang sendiri ia merupakan manusia tertua ketiga setelah Chiyono Hasegawa (lahir 20 November 1896) dan Shige Hirooka (lahir 16 Januari 1897).

Menurut catatan Guiness World Records, manusia tertua di dunia saat ini adalah Besse Berry Cooper (lahir 26 Agustus 1896 di Tennessee, Amerika Serikat).

Lalu, apa rahasia umur panjang pria tertua di dunia saat ini? Kimura menyebutkan bahwa ia terus menikmati perkembangan terkini yang terjadi di seluruh dunia dengan cara membaca koran menggunakan kaca pembesar tiap pagi. Selain itu, kunci untuk hidup sehat dan berumur panjang adalah makan dalam porsi kecil.

No comments:

Artikel lainnya