Saturday, April 30, 2011

[Royal Wedding] Detik-Detik Jelang Pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton

Hari ini Pangeran William dan pacar lamanya, Kate Middleton, bakal menikah di Westminster Abbey, Inggris. Sehari sebelum hari pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton. Tenda dadakan semakin banyak berdiri, dipenuhi orang yang ingin menyaksikan acara pernikahan kerajaan tersebut. Kehadiran tenda-tenda ini mengganggu pejalan kaki. Apalagi banyak penghuni tenda yang tidak hanya duduk, tetapi juga tidur-tiduran dengan segala perlengkapan, seperti kursi lipat panjang, selimut, dan bantal. Bahkan, ada yang membawa perlengkapan memasak.

The Royal Wedding

The Royal Wedding

The Royal Wedding

The Royal Wedding

Suasana terasa istimewa, tetapi sekaligus juga amburadul karena banyak barang bertebaran. Sekelompok anak muda tampak bermain kartu, sementara di sudut lain ada yang menggelar makanan orang berpiknik. Seorang perempuan tua tampak sedang membaca buku di atas kursi lipat yang agaknya dia bawa sendiri. Ratu Elizabeth, Pangeran Charles, dan Pangeran Harry serta bangsawan terkemuka akan duduk di baris depan Westminster Abbey, tempat pemberkatan pernikahan dilaksanakan. Sementara Keluarga Middleton akan berada di barisan depan gereja.

The Royal Wedding

Selain para selebriti, undangan juga ditujukan kepada bangsawan, pejabat dan politisi. Sangat disayangkan, Sarah Ferguson tidak ada dalam daftar, tetapi dua putrinya Putri Eugenie dan Beatrice serta mantan suaminya Pangeran Andrew masuk dalam list tamu. Juga termasuk 15 anggota keluarga Kate, pamannya Gary Goldsmith, yang sebelumnya masih dipertimbangkan akan diundang karena ia dituduh berbohong terkait koneksi kepada keluarga kerajaan. Ada juga pemenang Olimpiade Australia Ian Thorpe, Raja Swaziland, Raja Tonga, Pangeran Constantine Yunani, Ratu Spanyol dan Syekh Ahmad Al-Sabah Hmoud dari Kuwait.

The Royal WeddingRatu Sofia dari Spanyol, pangeran Felipe and puteri Letizia hadir di acara pernikahan agung

The Royal Wedding

Raja Constantine II (3rd R) and Ratu Anne-Marie (5th R) dari Yunani menjadi salah satu Undangan spesial dari luar negeri

The Royal WeddingSultan Brunei Hassanah Bolkiah dan istri juga tampak dalam salah satu undangan dari luar negeri

The Spencer yang termasuk keluarga sang pangeran dari ibunda Putri Diana juga akan hadir di Westminster Abbey dan duduk dengan tamu kehormatan kerajaan dan diplomat, serta teman-teman Pangeran William.

Berikut jadwal waktu pernikahan yang dirilis pihak Pangeran William.

08.15 – Para tamu mulai tiba di Great North Door di Westminster Abbey, London.

09.50 – Gubernur jenderal dan perdana menteri dari berbagai negara serta korps diplomatik dan tamu kehormatan lainnya tiba.

10.10 – Pangeran William dan adiknya sekaligus pendamping pengantin, Pangeran Harry, meninggalkan kediaman ayah mereka di Clarence House.

10.20 – Anggota kerajaan luar mulai tiba di Abbey. Ibu Middleton, Carole, dan saudara laki-laki Middleton, James, meninggalkan Goring Hotel.

10.25 – Anggota keluarga Kerajaan Inggris yang masih muda meninggalkan Istana Buckingham.

10.35 – Paman William, Pangeran Edward dan Pangeran Andrew, serta bibi William, Putri Anne, meninggalkan istana bersama anggota keluarga mereka.

10.38 – Ayah William, Pangeran Charles, meninggalkan Clarence House dengan istrinya, Camilla.

10.40 – Ratu Elizabeth dan suaminya, Pangeran Philip, menjadi anggota kerajaan terakhir yang meninggalkan Istana.

10.48 – Pengiring pengantin meninggalkan Goring.

10.51 – Middleton dan ayahnya, Michael, meninggalkan hotel.

11.00 – Prosesi pernikahan dimulai.

12.15 – William dan Middleton meninggalkan Abbey dalam rombongan dan kembali ke Istana Buckingham diikuti para sesepuh anggota Kerajaan Inggris. Iringan tersebut dikawal kavaleri.

12.30 – Pasangan yang baru menikah tiba di Istana.

12.40 – Anggota Kerajaan yang lain baik dari Inggris maupun negara lain kembali tiba di Istana.

13.25 – Ratu Elizabeth, William, Middleton, serta keluarga akan tampil di balkon Istana Buckingham.

13.30 – Atraksi pesawat-pesawat dari Angkatan Udara serta pesawat Perang Dunia II dari Battle of Britain Flight.

The Royal Wedding

The Royal Wedding

The Royal Wedding

Sumber: Tempo, BBC, Reuters dan AP

No comments:

Artikel lainnya