Wednesday, April 20, 2011

* WikiLeaks: AS Lobi Sekjen PBB Agar Tidak Selidiki Kejahatan Israel di Gaza

Pemerintahan Presiden AS Barack Obama telah melakukan upaya untuk memblokir investigasi independen PBB dalam perang Israel terhadap Jalur Gaza.

Menurut Press TV, Kebijakan Luar Negeri AS yang dikutip dari kabel diplomatik yang bocor dari situs WikiLeaks menyebutkan bahwa Duta Besar AS untuk PBB Susan Rice berada di belakang langkah untuk mencegah penyelidikan PBB secara menyeluruh dari tuduhan melakukan kejahatan perang yang dilakukan oleh rezim zionis Israel selama konflik di Gaza pada tahun 2008-2009.

Dalam salah satu kabel diplomatik, Rice berbicara dengan Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-Moon berulang kali pada tanggal 4 Mei 2009 untuk mendesak dia agar memblokir upaya penyelidikan serangan Israel terhadap kantor PBB di Gaza.

Komite penyelidik PBB, yang dipimpin oleh Richard Goldstone, menuduh rezim Zionis melakukan kejahatan perang dengan menggunakan kekerasan yang tidak proporsional, dengan sengaja menargetkan penduduk sipil dan menggunakan rakyat sebagai perisai manusia.

Perang Gaza di akhir Desember 2008 hingga awal Januari 2009 telah menewaskan lebih dari 1.400 warga Palestina, kebanyakan perempuan dan anak-anak.

Di bawah tekanan intensif dari Israel, Goldstone pada tanggal 3 April mengumumkan bahwa ia telah keliru mengatakan Israel dengan sengaja menyerang warga sipil.(fq/aol)

No comments:

Artikel lainnya