Monday, May 23, 2011

Rahasia Hidup Wanita Tertua di Dunia

Guinness World Records mencatat Maria Gomes Valentim sebagai wanita tertua di dunia. Usia wanita ini 114 tahun 313 hari, lebih tua 48 hari dibanding pemegang rekor sebelumnya, Besse Cooper dari Monroe, Georgia, Amerika Serikat.

Dalam situsnya, Guinness World Records memverifikasi Valentim sebagai wanita kelahiran 9 Juli 1896 di Carangola, negara bagian tenggara Minas Gerais, Brazil.


Menikah pada 1913, wanita yang dikenal dengan sebutan 'Grandma Quita' itu memiliki satu anak, empat cucu, tujuh cicit, dan lima anak dari cicitnya. Sang suami juga hidup hingga usia 100 tahun.

Meski harus menggantungkan hidup di kursi roda, Valentim masih terlihat bugar di usianya yang begitu lanjut. "Dia bilang dia hidup lama karena selalu menjaga hidupnya dan tidak mencampuri hidup orang lain," ujar sang cucu, Jane Ribeiro Moreas, yang telah berusia 63 tahun, seperti dilansir Daily Mail.

Selain menghindar dari stres, Valentim juga menjaga gaya hidup sehat dengan rajin mengonsumsi roti gulung dengan buah. Meskipun sesekali, ia masih memanjakan diri dengan meminum wine.


Moreas menambahkan, neneknya juga sangat gemar menyantap feijoada, hidangan nasional Brazil berupa sup kacang hangat dengan potongan babi asin, serta kue chicken empanada yang disajikan dengan saus panas.

Kepala editor Guinness World Records, Craig Glenday, mengatakan bahwa Valentim merepresentasikan sesuatu yang belum pernah terjadi sebelumnya di Brazil. "Menerima pengakuan seorang wanita yang lahir pada masa pemerintahan Ratu Victoria adalah hal yang luar biasa, untuk wanita Brazil itu merupakan nilai lebih," ujarnya.

Keluarga Valentim berharap pemberian gelar tersebut dapat membantu mereka keluar dari masalah finansial. Karena, dana pensiun dan bantuan kesehatan yang mereka terima selama ini tidaklah cukup untuk membayar asuransi kesehatan swasta.

No comments:

Artikel lainnya